57 Bendungan Ditarget Pemerintah Selesai Sampai Akhir 2024

57 Bendungan Ditarget Pemerintah Selesai Sampai Akhir 2024
Bendungan/ist.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya untuk membangun bendungan di berbagai daerah. Menurut Presiden hal tersebut karena air adalah salah satu kunci dari ketahanan kedaulatan pangan.

“Insyaallah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia,” ujar Presiden saat meresmikan Bendungan Bintang Bano yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). (14/1/2022).

Bendungan Bano adalah satu dari 6 bendungan di NTB yang dibangun oleh pemerintah dalam dalam beberapa tahun terakhir, atau bendungan yang ke-29 yang diresmikan pemerintah sejak 2015. Sebelumnya, juga telah diresmikan Bendungan Tanju pada tahun 2018 dan Bendungan Mila pada tahun 2019. Adapun tiga bendungan lainnya yang tengah dibangun adalah Bendungan Beringin Sila, Tiu Suntuk, dan Meninting.

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di Provinsi NTB,” ujar presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Jokowi dalam peresmian ini, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur PNTB Zulkieflimansyah. (dl)

Bagikan