AMM G20 Bali, Angkat Eksotisme Buah Lokal

AMM G20 Bali, Angkat Eksotisme Buah Lokal
dok.ditjenhortikultura.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Dirjen Hortikultura, Kementan, Prihasto Setyanto, menyebut bahwa kegiatan Agriculture Ministers Meeting (AMM) G20 Indonesia, yang berlangsung di Bali (27—29/9/2022), juga harus dimanfaatkan untuk menunjukkan perkembangan pertanian Indonesia, termasuk kekayaan buah tropis Indonesia.

“Seperti kata Bapak Menteri Pertanian, kita harus semangat dan bersatu mempertahankan ketahanan pangan nasional, dan bekerja sama dengan negara-negara lain,” kata dia.

Dalam perhelatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, aneka buah tropi lokal disajikan yang merupakan kerjasama dengan beberapa pelaku usaha lokal dan eksportir seperti PT Great Giant Pineapple, PT Bali Agro Pratama & Kongking, PT Jineng, dan PT Surya Elok Sejahtera.

Salah satu delegasi asal Perancis, Isabelle, mengatakan sangat menyukai buah-buahan lokal Indonesia yang penuh vitamin dan energi yang baik untuk tubuh. Menurutnya buah-buahan lokal ini sempurna.

“Saya  berharap buah-buahan ini dapat diekspor ke Perancis agar ketika saya kembali ke negara saya, dan saya dapat terus menikmatinya,” ujarnya.

Isabelle mengaku sangat menyukai buah naga karena warnanya luar biasa dan rasanya enak. “Selain itu saya juga suka mangga, lalu pisang. Saya suka semua buah-buahan Indonesia,” seloroh Isabelle dengan penuh senyum.

Bahkan salah satu delegasi asal Rusia, MS. Ekaterina Fomina, sangat tertarik membawa pulang pisang mas kirana dan mangga harum manis. Hal ini langsung direspon dengan baik panitia penyelenggara. Tidak mengherankan, selama sidang berlangsung terhitung 300 kilogram aneka buah-buahan yang dihidangkan ludes dicicipi para delegasi. (rs)

 

Bagikan