Belanda Kini Mampu Produksi Rimpang Jahe

Belanda Kini Mampu Produksi Rimpang Jahe
dok.sawari.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Jahe umum diproduksi oleh negara-negara beriklim tropis, seperti Indonesia dan Malaysia. Namun kini, Belanda yang merupakan negara dengan empat musim, mulai mampu memproduksi jahe. Belanda berhasil menanam dan memanen rimpang jahe organik melalui budi daya menggunakan rumah kaca.

Sebelumnya, Belanda termasuk sebagai negara tujuan ekspor bagi produk jahe segar, termasuk jahe dari petani Indonesia. Sawari Fresh International, merupakan salah satu perusahaan Belanda yang mengimpor jahe dari berbagai negara, untuk selanjutnya dikemas dan dikirim kembali ke banyak negara di Eropa dan sekitarnya.

Namun pada tahun 2020, Sawari Fresh International mulai mengembangkan fokus untuk bergerak lebih dari sekadar mengimpor dan mengemas jahe. Pada tahun tersebut, untuk menyempurnakan mitra strategi bisnisnya, Swari Fresh International membuat keputusan penting. Mereka ingin menghasilkan jahe berkualitas tinggi sedekat mungkin dengan pasar Eropa.

Maka, pada awal tahun 2021, perusahaan mulai membudidayakan jahe segar di rumah kaca di Belanda. “Melalui proses trial and error yang intensif, kami berhasil menghasilkan produk yang luar biasa. Sawari berfokus pada inovasi dan pengembangan produk baru, sehingga kami sekarang dapat memberikan akses yang lebih besar kepada pelanggan kami untuk mendapatkan jahe yang benar-benar segar produksi Belanda,” kata Arie Havelaar dari Swari Fresh International, seperti dikutip dari hortidaily.

“Riset pasar awal menunjukkan bahwa jahe segar ini langsung disukai konsumen,” tambah Sander Kleinjan, yang juga dari Swari Fresh International.

“Ini adalah pengalaman rasa yang intens di mana kesegaran, kesehatan, dan vitalitas berpadu sempurna. Industri perhotelan juga merespons dengan antusias produk inovatif ini. Hal ini membuka kemungkinan baru bagi kreativitas kuliner koki. Berdasarkan reaksi awal peritel, kami dapat menduga bahwa jahe yang benar-benar segar ini dapat menciptakan ceruk pasar baru,” tutupnya.

sebagai informasi tambahan, Sawari saat ini sedang mengembangkan pengemasan khusus untuk konsumen, restoran, dan pengecer. (sr-berbagaisumber)

Bagikan