Berbelanja Sayuran Dari Atap Mall Di Malaysia

Berbelanja Sayuran Dari Atap Mall Di Malaysia
dok. hortidaily and cityfarmer.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Pertanian perkotaan alias urban farming, semakin berkembang di Malaysia. Salah satu buktinya yaitu dengan hadirnya pasar sayuran segar yang dihasilkan dari budidaya dengan memanfaatkan atap sebuah mall. Di area tersebut pengunjung dapat memetik langsung berbagai jenis sayuran segar yang dibudidayakan melalui sistem aquaponik.

Seperti dikutip dari hortidaily dan cityfarmer, pemilik perkebunan tersebut, Emil Jihad, menawarkan kepada masyarakat pilihan sayuran organik yang bebas pestisida. Budi daya rumah kaca yang dilakukannya menggunakan sistem aquaponik di atap sebuah pusat perbelanjaan One Utama, yang berlokasi di Petaling Jaya, Selangor. Luas area yang dimanfaatkannya untuk budi daya yaitu sekitar 7.000 kaki persegi. Di area tersebut pelanggan dapat memilih sendiri produk dari kebun sayuran yang diberi nama Fresh Growcer ini.

Emil (32), mengatakan, bahwa sejak dia dan rekannya Tony Yong (52), memulai usaha ini pada Maret, mereka mempraktekkan konsep pertanian berkelanjutan untuk menghasilkan tanaman yang lebih aman untuk dikonsumsi.

“Pelanggan kami dapat melihat sendiri bahwa sistem air yang digunakan untuk tanaman dibagi dengan peternakan ikan, dan limbah ikan menyediakan sumber alami makanan organik untuk sayuran,” katanya, menambahkan bahwa rumah kaca juga menggunakan 100% sinar matahari dan mal. exhaust fan untuk ventilasi. (rs-berbagaisumber)

Bagikan