Bersama Tiga Asosiasi Hilir Sawit, Forwatan Salurkan Bantuan Untuk Tiga Yayasan Sosial

Bersama Tiga Asosiasi Hilir Sawit, Forwatan Salurkan Bantuan Untuk Tiga Yayasan Sosial
ist.
Spread the love

PODZOLIK.COM— Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) kembali menyalurkan bantuan untuk yayasan sosial di Jakarta dan Depok. Penyaluran bantuan kali ini terlaksana berkat dukungan dari tiga asosiasi hilir sawit yaitu, Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN).

Bantuan diberikan kepada Yayasan Wisata Sedekah Indonesia (Kebagusan, Jakarta Selatan), Lembaga Amil Zakat Nasional Panti Yatim Indonesia (Ciracas, Jakarta Timur), dan Yayasan Intifa Cinta yatim Al Ikhwaniyah (Limo, Depok, Jawa Barat) sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Pemberian bantuan secara simbolis dilakukan di Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, pada pertengahan Mei 2022 yang diserahkan Yuwono Nugroho (Ketua Forwatan) kepada Ahmad Perdana, Pembina Yayasan Wisata Sedekah Indonesia yang didampingi Qayuum Amri (Wakil Ketua Forwatan), dan Beledug Bantolo (Sekjen Forwatan).

Sebagai informasi, Yayasan Wisata Sedekah Indonesia membina 90 anak yatim untuk diberikan bantuan secara finansial dan juga pendidikan agama. Sebagian besar mereka berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Perdana, Pembina Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, menjelaskan bahwa berdirinya kegiatan Yayasan Wisata Sedekah Indonesia semenjak 2004. Kegiatan yayasan antara lain Sedekah Jumat, Yatim Berbagi, Wisata Sedekah, dan Rumah Baca Keliling.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Forum Wartawan Pertanian yang berkenan hadir dan memberikan bantuan bagi kegiatan anak-anak yatim. Begitu pula apresiasi setinggi-tingginya kepada asosiasi sawit lain seperti GIMNI, APOLIN, dan APROBI yang turut mendukung kegiatan sosial ini. Tentu saja, bantuan ini menjadi upaya memberikan edukasi dan kontribusi industri hilir sawit kepada masyarakat. Semoga industri sawit memberikan keberkahan bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam kesempatan tersebut dalam siaran pers yang diterima redaksi, (10 Juni 2022).

Sementara itu, Paulus Tjakrawan, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), mengapresiasi inisiatif Forwatan yang rutin mengadakan kegiatan sosial setiap tahunnya dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu dan menjadi bagian kontribusi sawit bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi. Bantuan ini menunjukkan kontribusi industri sawit di sektor hilir kepada masyarakat. Seperti diketahui, industri sawit seperti biodiesel punya peranan penting bagi negara dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dalam kesempatan terpisah, Bernard Riedo Ketua Umum Gabungan Infustri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), mendukung kegiatan penyaluran bantuan ini  sebagai upaya saling membantu sesama serta memberikan edukasi informasi kelapa sawit bagi masyarakat.

”Harapan kami, kerjasama yang berjalan baik ini antara GIMNI, APROBI, dan APOLIN bersama Forum Wartawan Pertanian dapat terus berlanjut ke depannya,” harap Bernard.

Rapolo Hutabarat, Ketua Umum APOLIN, menjelaskan bahwa turunnya angka pandemi Covid-19 merupakan momentum positif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan saling membantu.

“Budaya saling membantu dan gotong royong harus terus dijalankan sebagai landasan kehidupan bermasyarakat. Atas dasar itulah, kami dari APOLIN, APROBI, GIMNI bersama Forum Wartawan Pertanian, kembali mengadakan kegiatan sosial di tahun ini,” urai Rapolo.

Yuwono Ibnu Nugroho, Ketua Forwatan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tiga asosiasi hilir sawit (APROBI, GIMNI, dan APOLIN) yang mempercayakan penyaluran bantuan tersebut melalui Forwatan. Bantuan ini menunjukkan industri sawit tidak saja berkontribusi bagi negara melainkan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Setelah penyerahan bantuan ini, rekan-rekan Forwatan tetap berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kegiatan lain melalui dukungan dan kolaborasi berbagai pihak. Melalui bantuan ini, harapan kami perekonomian  masyarakat menjadi lebih baik,” pungkasnya menutup pembicaraan. (sr)

 

Bagikan