Catat, Anak Bisa Tambah Cerdas Dengan Asupan Ini!

Catat, Anak Bisa Tambah Cerdas Dengan Asupan Ini!
Sayur bayam manambah kecerdasaan anak/Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Mengonsumsi sayuran teratur saban hari, bagi anak-anak memang sangat dianjurkan. Pasalnya, sayuran memiliki nutris penting yang bagus untuk masa pertumbuhan anak.

Menariknya, sayuran tidak hanya membuat badan anak sehat, namun juga menjadi bertambah cerdas. Setidaknya begitu hasil penelitian yang belum lama ini dilakukan Newcastle University, Australia.

Dikutip dari Daily dan detikfood, penelitian melibatkan sekitar 4.200 anak-anak usia 8—15 tahun. Study ini menitikberatkan pada kebiasaan anak-anak untuk mengkonsumsi sayuran saat makan malam.

Hasil dari penelitian mengungkap, bahwa anak-anak yang terbiasa makan sayuran lebih cerdas daripada yang tidak memakan sayuran. Rata-rata mereka yang menyantap sayuran mendapat poin 86, ketika peneliti memberi tes mengeja, membaca dan berhitung. Skor tertinggi terutama didapat dari tes mengeja dan menulis.

Menurut peneliti, hasil study tersebut terjadi, karena sayuran banyak mengandung antioksidan yang berdampak positif terhadap DNA sel tubuh anak, dan perkembangan otaknya.

Selain sayuran study tersebut juga mengungkap, anak yang makan 2 buah sehari, punya nilai tes membaca lebih tinggi dibanding yang tidak makan buah. Sama seperti sayuran, buah juga punya nutris penting bagi perkembangan anak-anak.

“Tidak hanya karena kandungannya, tetapi mungkin ini juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tuanya, di mana orang tua berpendidikan tinggi cenderung memberikan makanan sehat sekaligus bisa membantu mereka belajar atau mengerjakan PR,” ujar ketua tim peneliti, Tracy Burrows.

Bahaya Soda

Kebaikan dari sayuran dan buah, penelitian tersebut mengungkap, bahwa minuman bersoda membuat prestasi akademik anak menurun drastis. Buktinya anak yang meminum sedikitnya 4 gelas soda atau minuman berpemanis buatan dalam sehari, memiliki nilai akademis 46 poin, lebih rendah daripada yang minum kurang dari segelas.

Diketahui, karbohidrat refinasi dalam soda dapat mengurangi volume otak, tidak terkecuali bagian hippocampus-nya yang berperan penting dalam menjaga daya ingat anak.

Jadi, mari sajikan asupan yang bernutrisi baik bagi anak-anak kita! (rs-berbagaisumber)

Bagikan