CPI Hibahkan Kandang Closed House Untuk Unpad Senilai Rp2,2 Miliar

CPI Hibahkan Kandang Closed House Untuk Unpad Senilai Rp2,2 Miliar
istimewa/dok.cpi
Spread the love

PODZOLIK.COM—Peningkatan kualitas SDM peternakan, bukan semata menjadi tanggungjawab perguruan tinggi, namun juga semua stakeholder. Oleh karena itu, dalam rangka mambantu mengangatrol kualitas SDM, anggota Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi.

Salah satunya dilakukan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPI), yang menggandeng Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung. Titik berat kerjasama keduanya yaitu pembangunan closed house dengan kapasitas populasi 20.000 ekor senilai Rp2,2 milyar, serta pengembangan Entrepreneurship Teaching Center (ETC).

“Unpad merupakan perguruan tinggi ke-13, sebagai upaya CPI mendukung pembangunan SDM perungasan dengan menyediakan fasilitas serta pengalaman yang dapat menunjang program pembelajaran maupun penelitian,” ungkap Thomas Effendy, Presidir CPI dalam acara Penandatanganan MoU, antara CPI dan Unpad di Sumedang (13/02/2022).

Rahmat Hidayat, Dekan Fapet Unpad, mengatakan Closed House dan ETC merupakan bagian dari rencana pengembangan Laboratorium Lapangan yang terintegrasi dalam sistem Sustainable Livestock Techno Park (SLTP). Khusus untuk komoditas unggas ini akan dikembangkan secara terintegrasi melalui From Breeding to Processing.

“Artinya mulai dari budi daya dalam sistem closed house, revitalisasi dan pengembangan Rumah Potong Ayam, Fresh Mart Padjadjaran yang menyediakan produk produk ternak sampai ke makanan siap saji (Padjadjaran Fried Chicken), dan kami berterimakasih atas adanya kerjasama ini,” ujarnya.

Di tempat sama, Rina Indiastuti, Rektor Unpad juga mneyampaikan apresiasinya atas bantuan CPI bagi pengembangan SDM, khususnya di Unpad. Ia berharap model kerjasama tersebut dapat dipertahankan dan kembangkan ke depannya demi pembangunan peternakan nasional. (rs) 

Bagikan