Ewindo Gelar Live Virtual Expo Nasional 2022

Ewindo Gelar Live Virtual Expo Nasional 2022
Managing Director EWINDO, Glenn Pardede saat membuka Cap Panah Merah Live Virtual Expo Nasional 2022
Spread the love

PODZOLIK.COM—PT East West Seed Indonesia (EWINDO) yang merupakan produsen benih sayuran dengan merek dagang Cap Panah Merah, kembali mengelar Expo Nasional (21/2/2022). Berbeda dengan pegelaran sebelumnya, expo kali ini dilakukan secara live virtual dengan mengangkat tema “Tetap Dekat di Tengah Pandemi”.

Expo Live Virtual pertama benih sayuran ini menghadirkan varietas-varietas sayuran unggul terbaru, teknologi budidaya pertanian hingga konsultasi dengan pakar untuk memberikan solusi yang dihadapi petani. Acara ini dihadiri oleh sekitar 500 orang yang terdiri dari petani, pedagang, toko pertanian dan para mitra.

Dalam sambutanya, Managing Director EWINDO, Glenn Pardede, mengatakan Expo live virtual ini untuk mengobati kerinduan sahabat petani yang pada kegiatan expo tahunan sebelumnya selalu dapat berkumpul langsung di lahan.

“Expo ini merupakan bentuk keseriusan EWINDO mewujudkan kemajuan hortikultura nasional melalui penyediaan benih unggul dan pembinaan. Para petani tidak hanya dikenalkan benih unggul berkualitas, tetapi juga berkonsultasi, tukar pikiran, dan mengetahui teknik terbaru budidaya sayuran,” tutur Glenn.

Berbeda dengan pegelaran sebelumnya, expo kali ini dilakukan secara live virtual dengan mengangkat tema “Tetap Dekat di Tengah Pandemi”.

Sementara itu, Afrizal Gindow, Deputy Managing Director EWINDO menyampaikan, saat ini banyak kendala yang dihadapi tengah petani, termasuk keluhan petani terhadap naiknya harga pupuk dan pestisida.

Menurut Afrizal, keadaan tersebut sejatinya dapat diatasi salah satunya dengan penggunaan benih berkualitas. Pasalnya, benih-benih berkualitas seperti yang diproduksi EWINDO, telah dibekali kemampuan toleransi tinggi terhadap hama dan penyakit tanaman. Alhasil, penggunaan pestisida menjadi lebih hemat selama budi daya.

“Benih menentukan keberhasilan panen, karena itu setelah expo ini kami akan segera lakukan demplot-demplot di berbagai daerah agar petani bisa melihat langsung tanamanya, dan memastikan benih-benih Cap Panah Merah mudah didapat petani di seluruh Indonesia,” ungkap Afrizal.

Beberapa varietas unggulan yang ditampilkan dalam Cap Panah Merah Expo 2022 antara lain jagung manis Perkasa F1, cabai rawit  Rawita F1, melon Alina F1, bawang merah biji Sanren F1, cabai besar Baja MC F1, terung ungu Yuvita F1, Mentimun New Metavy F1 dan Erina F1, serta tomat Gustavi F1.

Dedeh, salah satu petani wanita mentimun binaan EWINDO, berbagi pengalaman secara live dengan petani lain.

Selain beragam varietas unggul, dalam expo tersebut juga kembali diinformasikan mengenai aplikasi Sipindo. Aplikasi yang dikembangkan EWINDO sejak tahun 2017 itu kini telah diunduh lebih dari 115 ribu pengguna.

“Tak hanya melakukan riset dan pengembangan varietas unggul, kami juga mengembangkan teknologi informasi digital bagi kemudahan petani bertanam, apalagi kondisi pandemi seperti sekarang ini, secara tidak langsung mempercepat proses penerapan teknologi digital termasuk di petani,” sebut Glenn.

Fitur SIPINDO yang paling banyak dimanfaatkan petani diantaranya fitur irigasi yang menyediakan rekomendasi pengairan/penyiraman bagi tanaman berdasarkan input data lokasi, fase pertumbuhan, dan waktu terakhir penyiraman.

Untuk memudahkan petani mengakses benih unggul berkualitas, EWINDO juga telah meluncurkan official store bernama panahmerah.store di channel marketplace. Layanan ini telah dimanfaatkan 10 ribu petani. Dalam waktu dekat EWINDO akan meluncurkan layanan untuk para reseller dan dealer. (sr)

Bagikan