Ingin Awet Muda? Ayo Rajin makan Sayuran Ini!

Ingin Awet Muda?  Ayo Rajin makan Sayuran Ini!
Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM-Tampil cantik, dan awet muda dengan kulitnya indah, menjadi dambaan banyak kaum Hawa. Beragam cara pun dilakukan untuk mendapatkan kondisi tersebut. Bahkan, dengan biaya yang tidak sedikit. Padahal, kulit indah, adalah kondisi sehat pada kulit. Keadaan itu bisa diperoleh dari mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran.

Di dalam sayuran, banyak terkandung vitamin, mineral dan antioksidan. Makan sayuran akan memberi manfaat kuratif, energi, vitalitas, plus anti-penuaan. Mengkonsumsinya, juga memastikan Anda memperoleh cukup vitamin esensial.

Selain itu, sayuran juga mengandung serat yang berfungsi menjaga pencernaan bekerja bagus, mampu membilas racun, dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan kalori sayuran rendah, sehingga tidak menyimpan setiap jenis lemak, namun memberi vitamin dan mineral. Sayuran pun penuh antioksidan yang siap memperbaiki kerusakan kulit akibat matahari, polusi, atau bahkan stres.

Sayuran tinggi antioksidan, adalah sayuran yang banyak mengandung Vitamin A, C, E dan beta karoten. Unsur yang terakhir, membantu memproduksi vitamin A. Keduanya bersama-sama menjaga kesehatan kulit dan mata.

Hijau dan Jingga

Beta karoten ditemukan dalam sayuran berwarna jingga. Diantaranya wortel, labu, paprika kuning, ubi jalar, labu, tomat, dan kentang. Kelompok ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, serat, flavonoid, kalsium, serta kalium. Sayuran jingga seperti tomat, ternyata kaya lycopene, zat properti kunci anti-penuaan kulit.

Sedangkan Vitamin C ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada sayuran hijau. Vitamin C membantu perbaikan kolagen kulit dan melindunginya dari kerusakan.  Kelompok sayuran hijau antara lain kubis, selada, bayam, brokoli, kacang polong, kacang hijau, metimun, paprika hijau, asparagus, buncis, dan seledri.

Selain kaya Vitamin C, sayuran hijau pun mengandung serat, rendah lemak, asam folat, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Plus berisi fitokimia seperti lutein, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan beta-karoten. Nutrisi ini berkontribusi terhadap kekebalan tubuh dan membantu kinerja tubuh, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Yang tidak kalah penting dari sayuran hijau adalah Vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan kuat yang dapat menembus ke lapisan sel dan disimpan dalam tubuh. Vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Manfaat menakjubkan sayuran telah diteliti dan dirilis beragam lembaga di Eropa dan Amerika Serikat. Diantaranya American Academy of Dermatology, Universitas Arizona, Universitas Illinois, Baylor College of Medicine-Houston, University of Connecticut Health Center-AS, Universitas St. Andrews, Universitas Bristol, dan Universitas Cambridge-Inggris, Universitas Dussedorf serta Universitas Witten-Herdecke-Jerman. (rs-berbagaisumber)

Bagikan