Lima Manfaat Rajin Melahap Mentimun

Lima Manfaat Rajin Melahap Mentimun
Mentimun/Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Mentimun termasuk sayuran yang mudah ditemukan, dan harganya pun relatif ekonomis. Selain dijadikan sebagai campuran dalam menu hidangan, mentimun juga biasa disantap dalam bentuk segar.

Tapi tahukah Anda, ternyata banyak faedah yang bisa didapat dari mengkonsi mentimun. Utamanya, sayuran ini dapat mencegah timbulnya beragam ganguan kesehatan. Mulai dari yang ringan, sampai kelas kakap semisal kanker. Berikut beberapa manfaat dari mentimun bagi tubuh.

1. Pengontrol Tekanan Darah.

Kandungan kalium, magnesium serta serat dalam mentimun, ternyata sangat efektif mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.

2. Mencegah Sembelit

Pof Hardinsyah, ahli gizi dari IPB pernah menuturkan, agar terhindar dari penyakit ini, maka dianjurkan memakan sumber serat. ”Sangat dianjurkan rutin mengkonsumsi sumber-sumber serat diantaranya adalah sayuran,” ungkapnya.

Diketahui, dari 100 gram mentimun, terkandung serat sebesar 0,5 gram. Mentimun juga adalah sangat rendah kalori, yaitu  hanya 15 kalori per 100 g,  dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mentimun mengandung antioksidan unik dalam rasio moderat, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, vitamin C, vitamin A, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini bertindak sebagai zat perlindungan dari radikal bebas. Kekuatan total antioksidan diukur dari segi kapasitas penyerapan radikal bebas (ORAC value), adalah 214 umol TE/100 g.

4. Penghilang Racun

Kandungan air dalam mentimun memiliki efek menghilangkan racun di dalam tubuh melalui urine maupun keringan yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

5. Mencegah Kanker

Mentimun banyak mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol, sehingga dengan mampu menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Diantaranya kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium. (rs)

 

Bagikan