Roadmap Industri Sawit Nasional 2045 Tengah Disiapkan Oleh Pemerintah

Roadmap Industri Sawit Nasional 2045 Tengah Disiapkan Oleh Pemerintah
Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Direktur Perlindungan Perkebunan, Ditjenbun Kementerian Pertanian (Kementan), Baginda Siagian, menyatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan arah dan kebijakan sebagai roadmap industri kelapa sawit nasional menuju 2045. Diantaranya dengan strategi pencapaian, peningkatan produktivitas, pengembangan industri hilirisasi kelapa sawit; dan penguatan ekosistem, tata kelola dan capacity building berkelanjutan

Diutarakan Baginda, strategi utamanya dengan percepatan pelaksanaan peremajaan serta perbaikan budi daya dan pascapanen/pengolahan (GAP, GHP, GMP) berbasis inovasi secara berkelanjutan.

“Kemudian dengan hilirisasi oleofood complex, oleokimia dan biomaterial complex, biofuel complex untuk subsitusi impor dan promosi ekspor. Penguatan riset-inovasi dan SDM yang lebih kreatif. Penguatan sawit rakyat dan kemitraan industri sawit berkelanjutan. Perbaikan ekosistem dan tata kelola industri sawit berkelanjutan,” ungkapnya

“Itulah peranan pemerintah kalau dikatakan siapa yang menjahit, maka ukurannya harus pas dan letaknya harus pas. Pemerintah akan lakukan itu, maka semua di ruangan ini dan insan yang ada di sini untuk melakukan hal tersebut,” tambah Baginda.

“Salah satu direktorat di Ditjen Perkebunan akan ada direkorat kelapa sawit dan palma lainnya. Kita harapkan, kelapa sawit akan disinkronisasi di sana. Saat ini, tahap merampungkan ditargetkan akhir tahun ini akan ada Permentan baru. Nama direktoratnya adalah kelapa sawit dan palma lainnya. Ini bukti keseriusan pemerintah untuk memikikan kelapa sawit, tidak hanya 2045 melainkan 80 tahun depan,” katanya. (cs)

Bagikan