Sejuta Khasiat Tomat

Sejuta Khasiat Tomat
Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM-Ahli Gizi dari IPB, Ali khomsan pernah menuturkan bahwa untuk hidup sehat bisa didapat dengan rutin mengonsumsi sayuran dan buah sebanyak 2—3 porsi per hari. Apa sebab? Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, menurut Ali, sayuran dan buah juga merupakan sumber Antioksidan.

“Antioksidan adalah substansi yang bisa berfungsi menangkal radikal bebas yang punya efek buruk bagi kesehatan,” ujarnya.

Salah satu Antioksidan yang digadang berkategori “super” adalah beta-karoten. Zat ini diketahui banyak terkandung dalam sayuran dan buah berwarna hijau tua serta jingga. Masuk dalam ragam kelompok tersebut antara lain adalah tomat.

Tomat banyak mengandung Beta-karoten. Zat ini diketahui mudah diserap tubuh dan membantu memproduksi vitamin A. Lantaran berkadar beta-karoten mumpuni, tomat dipercaya ampuh menjaga kesehatan kulit dan mata.

Tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan dan mencegah timbulnya gangguan penyakit berat, tomat juga sangat baik untuk meningkatkan kecantikan. 

Bukan hanya Beta-karoten, tomat juga kaya Lycopene, sejenis karetenoid satu famili dengan beta-karoten. Beberapa literatur menyebut, Lycopene merupakan antioksidan ekstra kuat yang memperlihatkan netralisasi radikal bebas, khususnya yang dibawa oksigen.

Penelitian mengenai kedahsyatan Lycopene, pernah diungkap di Finlandia. Seperti dikutip dari Antara dan BBC, pada penelitian tersebut, 1.031 responden dipantau kadar Lycopene nya selama 12 tahun. Grup pertama adalah mereka yang kadar Lycopene-nya rendah. Ternyata, terdapat 25 kasus stroke dari 258 responden. Sedangkan Grup kedua adalah pria dengan Lycopene tinggi, dan hanya 11 orang dari 259 responden terserang stoke. Peneliti berkesimpulan, mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi Lycopene, bisa menekan resiko stroke hingga 50 %.

Literatur lain menyebut, Lycopene mengurangi resiko terserang kanker. Diantaranya kanker prostat pada pria, kanker perut, kanker kolorektal (usus besar), kanker rahim pada wanita, dan kanker pankreas.

Kalium dan Vitamin B yang dimiliki tomat, pun digadang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Zat ini, juga membantu mencegah serangan jantung. Sedangkan kandungan Vitamin K dan Kalsium yang cukup dari tomat sangat berperan bagi kesehatan tulang.

Selain mampu mencegah ganguan kesehatan kelas berat, tomat juga mampu meringankan ganguan kesehatan lain. Misalnya saja mengatasi gangguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi hati dan serangan empedu. Bagi kaum hawa, punya peran bagus bagi kecantikan. Mulai dari menghaluskan kulit, wajah, mengurangi komedo, mengobati jerawat, sampai menjadikan rambut sehat dan kuat. (sr)

Bagikan