Sokong Ekonomi Hijau, EWINDO Operasikan PLTS

Sokong Ekonomi Hijau, EWINDO Operasikan PLTS
dok.ewindo.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Perusahaan benih hortikultura PT East West Seed Indonesia (EWINDO) meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap 752 kWp di komplek pabrik dan kantor pusat EWINDO di Purwakarta (21/12/2021).

Diungkapkan oleh Glenn Pardede, Managing Director EWINDO, PLTS Atap ini mampu menghemat energi dari bahan bakar fosil hingga 1.059.868 kWh/tahun. Angka tersebut setara dengan pengurangan emisi CO2 sebanyak 989.917 kg/tahun. Jumlah pengurangan produksi CO2 tersebut setara dengan mencegah emisi yang dikeluarkan akibat penggunaan 319.936 liter bensin setiap tahun atau CO2 yang terkonversi dalam bentuk 12.420 pohon usia 10 tahun.

“EWINDO sendiri memang memiliki perhatian yang sangat besar untuk mengurangi emisi karbon, pengaplikasiannya diharapkan menjadi kesempatan bagi EWINDO untuk memanfaatkan energi baru terbarukan hingga dapat memberikan dampak baik kepada lingkungan untuk saat ini dan masa depan,” papar Glenn.

Glenn menambahkan, melalui PLTS Atap ini, pabrik EWINDO dapat memenuhi kebutuhan listriknya sebanyak 23,35%. Selain itu, penggunaan PLTS Atap dapat mengurangi biaya penggunaan listrik, mengurangi ketergantungan pada energi fosil, serta energi listrik yang dihasilkan dari PLTS Atap nantinya dapat diekspor ke PLN.

“Dengan adanya PLTS Atap ini, EWINDO menegaskan komitmennya dalam mendorong ekonomi hijau,  EWINDO merupakan perusahaan pertama di Purwakarta serta perusahaan benih pertama di Indonesia yang memanfaatkan PLTS Atap sebagai sumber energi terbarukan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, melalui implementasi PLTS Atap ini mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengimplementasikan energi baru terbarukan sebesar 6,8 GW pada 2025, dan Pemerintah Indonesia mencapai Emisi Nol pada tahun 2060.

Hadir dalam peresmian ini Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Deputy Managing Director EWINDO, Afrizal Gindow, dan Vice President of Marketing PT Xurya Daya Indonesia, George Hadi Santoso. (sr)

Bagikan