Tip Menangkal Gangguan Pencernaan PascaLebaran

Tip Menangkal Gangguan Pencernaan PascaLebaran
Spread the love

PODZOLIK.COM—Saat Lebaran tiba, menu hidangan yang lazim ditemui adalah ketupat beserta opor ayam, rendang, dan sambal goreng. Meskipun nikmat, mengonsumsi hidangan berlemak dan bersifat panas secara berlebih, dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti panas dalam.

“Gejalanya, saluran cerna terasa panas, sulit buang air besar, sariawan, bibir kering, tidak nyaman di tenggorokan dan tubuh terasa lemah,” ujar Hardisnyah, Ahli dari Pergizi Pangan Indonesia.

Menyantap hidangan berkalori tinggi, berlemak, dan terlalu pedas, menurut Hardinsyah, juga  menyebabkan kadar asam di pancernaan meningkat. Untuk mencegah dan mengatasi segala ganguan kesehatan tersebut, Hardinsyah menyarankan agar mengonsumsi air putih dan buah yang mengandung banyak air. Buah apa sajakah itu?

Pepaya

Carica papaya L alias pepaya memiliki kandungan karbohidrat dan enzim tinggi, yang bermanfaat mencegah gangguan pencernaan, termasuk menetralkan panas dalam. Selain itu, pepaya juga berkemampuan lebih dalam mengatasi sembelit.

Jeruk

Buah kaya vitamin C ini, sangat baik mencegah panas dalam. Jeruk diketahui berkemampuan menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, dan perut. Menurut Hardisnyah, kekurangan vitamin C, dapat mengakibatkan luka atau pecah pinggir bibir (scurvy) dan penurunan imunitas sehingga gampang terserang infeksi. Tapi bagi penderita maag, ada baiknya memilih jeruk yang tidak terlalu asam.

Semangka

Kandungan nutrisi semangka, berfungsi merontokkan asam dalam darah. Utamanya yang terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi daging, makanan manis, makanan berlemak tinggi, kopi, minuman soda atau juga alkohol.

Apel

Buah ini memiliki serat yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan buang air besar. Kotoran yang mengendap lama di usus besar, jika dibiarkan membuat panas pencernaan dan menimbulkan ganguan kesehatan berat, macam kanker usus besar. Oleh karenanya, apel juga dapat digunakan untuk mencegah panas dalam, dan sebaiknya dikonsumsi bersama kulitnya.

Pear

Mengonsumsi buah pear juga diakui Hardinsyah, dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman di perut, akibat kadar asam yang berlebih. (rs)

Bagikan