Trik Menata Buah-Buahan di Kulkas

Trik Menata Buah-Buahan di Kulkas
Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Umumnya, usai membeli buah-buahan konsumen menyimpannya dengan cara yang kurang tepat. Alhasil, buah menjadi lebih cepat busuk atau citarasanya jadi berubah. Padahal sejatinya, berbeda jenis buah berbeda tingkat ketahanan daya simpannya, dan berbeda pula cara penyimpanannya.

Misalnya saja rambutan, seperti pernah dituturkan  A.F Margianasari, buah berambut ini hanya berdaya tahan segar selama 3—4 hari. Setelah melewati masa itu, rambutan akan mulai menurun kualitasnya. Bahkan, penyimpanan di dalam kulkas pun tidak banyak membantu.

Terkecuali, “Bila kulit buahnya sudah dikupas, lalu kemudian daging buahnya disimpan ke dalam kulkas, kalau langkahnya seperti itu, rambutan masih bisa tahan seminggu. Makanya lebih baik sesegera mungkin di konsumsi setelah dibeli,” jelas Kabag Kebun Produksi dan Penelitian, Taman Buah Mekarsari ini.

Wadah Berbeda

Selain itu, seperti dikutip dari detikfood, nyatanya beberapa jenis buah malah memproduksi gas ethylene ketika sudah dalam kondisi masak. Gas ini dapat mempengaruhi kualitas dari beberapa jenis buah yang sensitif terhadapnya. Karena itu, buah seperti alpukat, pisang, dan mangga, harus disimpan pada tempat yang berbeda dengan apel dan semangka.

Selanjutnya, ada baiknya buah-buahan yang akan disimpan dalam lemari es, sudah dalam kondisi masak. Sebab, buah macam pir, persik, plum, kiwi, mangga, melon, dan pisang, saat belum masak sudah disimpam dalam kulkas akan rusak dan menjadi masam rasanya.

Sedangkan untuk keluarga jeruk, umumnya ia hanya bertahan segar sekitar satu minggu di dalam kulkas. Untuk bisa bertahan selam itu, jeruk ada baiknya  dibungkus terlebih dahulu dengan kantong plastik. Bila tidak dibungkus, maka daya tahan segarnya tidak lebih dari seminggu.

Sementara untuk keluarga berry, seperti strowberry dan blueberry. Sebaiknya keluarga berry tidak dicuci sebelum disimpan dalam lemari es. Pasalnya, kondisi buah yang basah dan lembab, malah akan menjadikan buah-buahan jenis ini rawan terserang jamur dan rusak. Kalau sudah begitu, daya simpan keluarga berry akan jauh menurun. Buah dapat dicuci sebelum dikonsumsi.   Semoga bermanfaat! (sr)

Bagikan