Turki Tanam Pisang di Rumah Kaca Seluas 5.000 Hektare

Turki Tanam Pisang di Rumah Kaca Seluas 5.000 Hektare
ISTIMEWA
Spread the love

PODZOLIK.COM-Turki yang secara gografis berada di iklim subtropis, mencoba mengembangkan tanaman pisang yang secara umum merupakan tanaman tropis. Untuk mewujudkannya, Turki mengembangkan inovasi penanaman pisang di dalam rumah kaca. Penanaman pisang di dalam rumah kaca terutama dipusatkan di distrik Anamur.

Sejak beberapa tahun tekahir, luas lahan rumah kaca yang dijadikan sarana bertanam pisang di sana semakin bertambah. Dikutip dari hortidaily, pada tahun 2018 luas areal produksi pisang yang dilakukan di Anamur mencapai 3.000 hektare. kemudian bertambah menjadi 4.000 hektare pada 2019, dan tahun ini diperkirakan luasnya mencapai 5.000 hektare.

Sebagai informasi, jenis pisang yang dibudidayakan merupakan jenis pisang lokal Anamur. Jenis pisang ini biasanya dipanen setahun sekali. Pisang Anamur lebih digemari masyarakat lokal Turki dibandingkan pisang impor. Selain karena rasanya yang lebih enak dan aromanya yang khas, pisang Anamur juga memiliki kulit buah yang tipis.

Presiden Kamar Dagang Pertanian Anamur-Bozyazi (Turki), Ahmet Seref Gumus, mengatakan bahwa produksi pisang anamur di rumah kaca di target untuk mampu memenuhi 85% kebutuhan pasar lokal.

“Karena terbatasnya produksi pada tahun 1990-an, kami hanya mampu memenuhi 13% dari permintaan pasar Turki melalui produk dalam negeri. Namun, upaya kami untuk meningkatkan produksi pisang di dalam negeri kini telah mengarahkan kami pada memenuhi hampir 85% dari konsumsi domestik di negara ini,” ujarnya. (sr-berbagaisumber)

 

 

 

Bagikan

Leave a Reply