Turkmenistan Calon “Raja Tomat” Dunia

Turkmenistan Calon “Raja Tomat” Dunia
istimewa/dok.bne.intelinews.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Turkmenistan Business News belum lama ini melaporkan, bahwa dari Januari hingga November tahun 2021, Turkmenistan berhasil mengekspor lebih dari 51.300 ton tomat hasil budi daya di rumah kaca.

Dikutip dari hortidaily, nilai ekspor tomat yang didapat oleh negara Turkmenistan mencapai USD 56 juta, dengan negara tujuan utama ekspor antara lain ke Rusia, Kirgistan, Kazakhstan, Amerika Serikat, serta Uni Emirat Arab.

Dari kesemua negara tujuan, Rusia menupakan pasar terbesar bagi tomat Turkmenistan, yaitu sekitar 32.000 ton tomat yang diekspor ke sana. Sedangkan bagi Rusia, Turkmenistan adalah pemasok tomat terbesar ke-4 yang memenuhi pasar lokal Rusia. Tomat dari Turkmenistan terutama masuk ke Kota Moskow, Oblast Moskow, Kota St. Petersburg, Ural, dan entitas lokal Rusia lainnya.

Ekspor sayuran di Turkmenistan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019, ekspor sayuran Turkmenistan sebesar 36.400 ton, sedangkan pada 2020 naik menjadi 44.600 ton. Item sayuran yang diekspor negara pecahan Uni Sovyet ini adalah tomat.

Bebeberapa sumber menyebutkan, untuk musim tanam 2021—2022, Turkmenistan berencana menanam 500 hektare tomat, dan diharapkan mampu menghasilkan panen sebanyak 85.000 ton tomat. (sr)

Bagikan