Arab Saudi Mulai Konsen Kembangkan Pertanian Demi Ketahanan Pangan

Arab Saudi Mulai Konsen Kembangkan Pertanian Demi Ketahanan Pangan
Istimewa.
Spread the love

PODZOLIK.COM—Arab Saudi yang terkenal sebagai salah satu produsen minyak bumi terbesar dunia, kini dalam menjalankan misi khusus terkait ketahanan pangan. Negara dengan sebagian besar wilayahnya tertutupi gurun pasir ini, tengah konsen melakukan pengembangan pertanian melalui teknik greenhouse alias rumah kaca.

Seperti dikutip dari hortidaily dan zawya, pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian, Abdulrahman Bin Abdul Mohsen Al-Fadhli, mengungkapkan bahwa Arab Saudi telah menyetujui rencana ekspansi di sektor sumber daya tanaman dan rumah kaca dengan investasi baru senilai SR4 miliar hingga tahun 2025.

Al-Fadhli yang juga Ketua Dewan Direksi Dana Pengembangan Pertanian, Arab Saudi, menyebut, hal tersebut dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait dan perusahaan swasta, dengan tujuan meningkatkan kapasitas produksi dengan mendorong penggunaan teknologi terkini di bidang pertanian.

Al-Fadhli menegaskan bahwa rencana proyek yang akan berjalan mulai tahun 2023 hingga 2025 ini, diharapkan dapat memberi kontribusi peningkatan produktivitas tambahan yang diperkirakan mencapai 430.000 ton, dan menjadikan total kapasitas produksi rumah kaca menjadi lebih dari 1 juta ton per tahun.

Sebagai informasi, sekitar 613.590 ribu ton adalah total kapasitas produksi pertanian rumah kaca Arab Saudi saat ini, dan diharapkan melalui proyek tersebut dapat meningkat kenaikannya sekitar 70%.

“Hal ini bertujuan untuk mencapai ketahanan pangan nasional, dan meningkatkan kontribusi dalam kandungan lokal, serta membuka lapangan kerja sesuai dengan tujuan Visi Arab Saudi 2030,” ujarnya. (sr-berbagaisumber)

Bagikan