Iran Ekspor 90% Hasil Panen Budi Daya Hortikultura Rumah Kaca

Iran Ekspor 90% Hasil Panen Budi Daya Hortikultura Rumah Kaca
dok. financialtribune
Spread the love

PODZOLIK.COM-Pemanfaatan teknologi dalam bidang pertanian semakin nyata diperlukan. Greenhouse alias rumah kaca, menjadi salah satu teknologi yang banyak diterapkan di dunia. Pasalnya, melalui penggunaan rumah kaca, agroklimat dapat dimanupulasi dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Alhasil, budi daya dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan hasil panen yang mumpuni.

Salah satu negara yang cukup gencar menerapkan penggunaan rumah kaca dalam budi daya pertanian adalah Iran. Negara di Timur Tengah dengan Ibu kota Teheran ini, diketahui memiliki hampir 23.000 hektare areal penanaman rumah kaca. Lokasinya tersebar di 31 provinsi di seluruh Iran.

Di kutip dari hortidaily dan financialtribune, Iran bahkan sudah berhasil mengekspor berbagai sayuran dan buah, hasil dari budi daya menggunakan rumah kaca.

Disampaikan oleh Abdolrahman Hosseinifard, kepala Asosiasi Pembangun Rumah Kaca Nasional Iran, lebih dari 90% dari output rumah kaca Iran diekspor ke berbagai negara.

“Tujuan ekspor utama kami adalah Qatar, Oman, UEA, Rusia, Ukraina, Belarusia, Irak, Azerbaijan, Armenia, Georgia, dan negara-negara anggota Uni Ekonomi Eurasia lainnya,” ungkap Abdolrahman Hosseinifard kepada Kantor Berita Mehr.

Lebih jauh memaparkan, Abdolrahman Hosseinifard menyebut, Iran tidak hanya menghasilkan sayuran melalui budi daya di rumah kaca, namun juga tanaman hias, buah, bahkan bahan pakan ternak.

“Hingga beberapa tahun lalu, hanya segelintir produk yang dibudidayakan di rumah kaca kami seperti mentimun, tomat, paprika, dan beberapa tanaman hias. Tapi sekarang kami menanam berbagai jenis sayuran, bunga, pohon dan tanaman, buah-buahan, bibit dan anakan, benih, tanaman obat, bahkan pakan ternak,” katanya. (sr)

Bagikan